2. PENDUDUK,MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

Oktober 26, 2010 at 5:18 pm (Uncategorized)

pertumbuhan penduduk

-faktor-faktor demografi yang mempengaruhi pertambahan penduduk:

kelahiran,kematian,perkawinan,migrasi dan mobilitas sosial.

– angka kelahiran di indonesia:

angka kelahiran di indonesia,angka kelahiran saat ini mencapai 2,6 anak per wanita,belum mencapai angka ideal yaitu 2,1 anak per   wanita. masyarakat yang berpendidikan rendah dan miskin cenderung memiliki tingkat kelahiran lebih tinggi. sehingga, perhatian kepada masyrakat miskin masih tetap diperlukan.

-pengertian migrasi:

migrasi adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat yang lain. dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.

macam-macam migrasi:

migrasi internasional dan migrasi internal.

dampak migrsi:

dampak dari migrasi, semakin banyaknya orang di suatu tempat dan menimbulkan banyaknya pengangguran dan mengakibatkan banyaknya tindak kriminal dimana-mana.

rasio ketergantungan:

rasio ketergantungan adalah perbandingan antara jumlah penduduk berumur 0-14 tahun, ditambah dengan jumlah penduduk 65 tahun ke atas dibandingkan dengan jumlah penduduk usia 15-64 tahun.

Kebudayaan dan kepribadian

awal abad masehi, jalur perdagangan tidak lagi melewati jalur darat tetapi beralih ke jalur laut, sehingga secara tidak langsung perdagangan antara cina dan india melewati selat malaka. untuk itu indonesia ikut berperan aktif dalam perdagangan tersebut. akibat hubungan dagang tersebut, makalah terjadi kontak antara indonesia dengan india, dan indonesia dengan cina. hal inilah yang menjadi salah satu penyebab masuknya budaya india ataupun budaya cina ke indonesia. untuk penyiaran agama hindu ke indonesia, terdapat beberapa pendapat yaitu antara lain :

1. hipotesis ksatria bahwa yang membawa agama hindu ke indonesia adalah kaum ksatria atau golongan prajurit, karena adanya kekacauan politik di india abad 4-5 m, maka prajurit yang kalah perang terdesak dan menyingkir ke indonesia, bahkan di duga mendirikan kerajaan di indonesia.

2. hipotesis waisya bahwa agama hindu masuk ke indonesia dibawa oleh kaum pedagang yang dagang untuk bedagang ke indonesia, bahkan diduga ada yang menetap karena menikah dengan orang indonesia.

3.hipotesis brahmana bahwa agama hindu masuk ke indonesia dibawa oleh kaum brahmana karena hanyalah kaum brahmana yang berhak mempelajari dan mengerti isi kitab suci weda.

Kebudayaan barat

awal kebudayaan barat masuk ke negara indonesia ketika terjadi penjajahan, terutama bangsa belanda. mulai dari penguasan dan kekuasaan perusahaan dagang belanda (voc) dan berlanjut dengan pemerintahan kolonialisme belanda,indonsia telah di jajah selama 350 tahun.di pusat kekuasaan pemerintahan belanda, dikota-kota provinsi,kabupaten muncul bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur barat.dalam kurun waktu itu juga, dikota-kota pusat pemerintahan terutama di jawa, sulawesi utara,dan maluku berkembang dua lapisan sosial. lapisan sosial pertama, terdiri dari kaum buruh dari berbagai lapangan pekerjaan. lapisan kedua ,adalah kaum pegawai.dalam lapisan sosial kedua inilah pendidikan barat di sekolah-sekolah dan kemampuan dan kemahiran berbahasa belanda menjadi syarat utama untuk mencapai kenaikan kelas sosial.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: