5. WARGANEGARA DAN NEGARA

November 14, 2010 at 4:28 pm (Uncategorized)

PENGERTIAN HUKUM

a. Menurut Van Kan
Hukum merupakan keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat.
b. Menurut Utrecht
Hukum merupakan himpunan peraturan (baik berupa perintah maupun larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah.
c. Menurut Wiryono Kusumo
Hukum merupakan keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib masyarakat dan pelanggarnya umumnya dikenakan sanksi.

SIFAT  DAN CIRI-CIRI HUKUM

sifat hukum adalah sifat yang mengatur dan memaksa masyarakat. Ia merupakan peraturan hidup masyarakat yang dapat memaksa orang agar mentaati tata-tertib dalam masyarakat serta memberikan sanksi yang tegas terhadap siapa saja yang tidak mematuhinya. Ini harus diadakan bagi sebuah hukum agar kaedah  hukum itu dapat ditaati oleh masyarakat, karena tidak semua orang hendak mentaati kaedah-kaedah hukum itu.

menurut C.S.T. Kansil, S.H., ciri-ciri hukum adalah :
a. Terdapat perintah dan larangan.
b. Perintah dan  larangan itu harus dipatuhi setiap orang.
Setiap orang berkewajiban untuk bertindak sedemikian rupa dalam masyarakat, sehingga tata-tertib dalam masyarakat itu dapat terpelihara dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, hukum meliputi berbagai peraturan yang menentukan dan mengatur perhubungan orang yang satu dengan yang lainnya, yakni peraturan-peraturan hidup bermasyarakat yang dinamakan dengan ‘Kaedah Hukum’.
Barangsiapa yang dengan sengaja melanggar suatu ‘Kaedah Hukum’ akan dikenakan sanksi yang berupa ‘hukuman’.

SUMBER-SUMBER HUKUM

Adapun yang dimaksud dengan sumber hukum adalah :

segala apa saja yang menimbulkan aturan  yang mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa,yakni aturan-aturan yang jika dilanggar akan mengakibatkan sanksi yang tegas dan nyata.

Sumber-sumber hukum dapat kita telusuri dari segi material dan segi formal :
1. Sumber-sumber hukum material,dapat ditinjau lagi dari pelbagai sudut,misalnya dari sudut ekonomi,sejarah sosiologi,filsafat dan sebagainya.contoh :
a. Seorang ahli ekonomi akan mengatakan ,bahwa kebutuhan ekonomi dalam masyarakat itulah yang menyebabkan timbulnya hukum.
b. Seorang ahli kemasyarakatan (sosiolog) akan mengatakan bahwa yang menjadi sumber hukum aialahh peristiwa yang terjadi dalam masyarakat.
2. Sumber-sumber hukum formal antara lain :
a. Undang-undang (statute)
b. Kebiasaan (costum)
c. Keputusan-keputusan hakim (Jurisprudentie)
d. Traktat (treaty)
e. Pendapat sarjana hukum (doktrin)

PENGERTIAN NEGARA

1.      Negara dalam arti penguasa, yaitu adanya orang-orang yang memegang kekuasaan dalam persekutuan rakyat yang mendiami suatu daerah.

2.      Negara dalam arti persekutuan rakyat yaitu adanya suatu bangsa yang tinggal dalam satu daerah, dibawah kekuasaan menurut kaidah  hukum.

3.      Negara dalam arti wilayah tertentu yaitu adanya suatu daerah tempat berdiamnya suatu bangsa dibawah kekuasaan.

4.      Negara dalam arti Kas yaitu adanya harta kekayaan yang dipegang oleh penguasa untuk kepentingan umum.

 

TUGAS UTAMA NEGARA

1.      mengatur dan mengendalikan gejala-gejala kekuasaan yang asosial, artinya yang bertentangan satu sama lain supaya tidak menjadi antagonisme yang membahayakan terhadap masyarakat.

  1. mengorganisasi dan mengintegrasikan kegiatan manusia dan golongan-golongan kearah tercapainya tujuan-tujuan dari masyarakat seluruhnya.

 

SIFAT-SIFAT NEGARA

  1. sifat memaksa, artinya Negara mempunyai kekuasaan untuk menggunakan kekerasan fisik secara legal agar tercapai ketertiban dalam masyarakat dan mencegah timbulnya anarkhi.
  2. sifat monopoli, artinya Negara mempunyai hak kuasa tunggal dan menetapkan tujuan bersama dari masyarakat.
  3. sifat mencakup semua, artinya semua peraturan perundangan mengenai semua orang tanpa terkecuali.

BENTUK NEGARA

  1. Negara kesatuan adalah suatu Negara yang merdeka dan berdaulat, dimana kekuasaan untuk mengurus seluruh pemerintahan dalam Negara itu sendiri.

–       Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi. Didalam sistem ini, segala sesuatu dalam Negara langsung diatur dan diurus oleh pemerintah pusat.

–       Negara kesatuan dengan sistem desentralisasi. Didalam Negara ini daerah diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri.

UNSUR-UNSUR NEGARA

1.      harus mempunyai wilayah

2.      harus ada rakyat atau masyarakat

3.      harus ada pemerintahnya

4.      harus mempunyai tujuan

5.      harus ada kedaulatan

TUJUAN NEGARA

  1. Perluasan kekuasaan semata
  2. Perluasan kekuasaan untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
  3. Penyelenggaraan ketertiban umum
  4. Penyelenggaraan kesejahteraan umum kepada masyarakat.

PENDUDUK WARGANEGARA

  1. Penduduk  adalah mereka yang telah memenuhi syarat tertentu yang ditetapkan oleh peraturan Negara yang bersangkutan, diperkenankan mempunyai tempat tinggal pokok di wilayah Negara ini.

Penduduk ini dibedakan menjadi dua yaitu:

–       Penduduk warganegara atau warga Negara adalah penduduk, yang sepenuhnya dapat diatur oleh pemerintah Negara dan mengakui pemerintahannya sendiri.

KRITERIA MENJADI WARGANEGARA

  1. Kriteria kelahiran. Berdasarkan kriteria ini masih dibedakan menjadi dua kriteria yaitu :

–       kriteria kelahiran menurut asas keibubapaan atau disebut juga Ius Sanguinis.artinya  didalam asas ini seorang memperoleh kewarganegaraann suatu Negara berdasarkan asa kewarganegaraan orang tuanya, dimanapun ia dilahirkan.

–       kriteria kelahiran menurut asas tempat kelahiran atau ius soli. Artinya dalam asas ini seseorang memperoleh kewarganegaraannya berdasarkan Negara tempat dimana dia dilahirkan, meskipun orang tuanya bukan warganegara dari Negara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: