LAN VS WAN

Maret 24, 2013 at 3:09 am (Uncategorized)

LAN VS WAN

images (1)

LAN (LOCAL AREA NETWORK)

LAN adalah Jaringan komputer yang sekalanya sebatas satu rumah atau satu kantor atau satu ruangan, kalau kita ngomongin lan berarti kita tidak bisa menggunakan aplikasi seperti facebook, email atau sebagainya karena LAN hanya untuk bertukar data saja dalam satu rumah, satu kantor atau satu ruangan saja.

Alat-alat atau komponen-komponen yang berperan di LAN adalah SWITCH atau WAP (WIRELESS ACCESS POINT). SWITCH adalah alat berbentuk kotak biasanya, kemudian banyak colokan alat ini berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer dalam satu rumah atau satu ruangan, dan pertukaran datanya terbatas hanya dalam satu rumah atau satu ruangan, artinya ini bisa bertukar-tukaran data tapi ruang lingkupnya hanya satu rumah saja dengan menggunakan switch. Selanjutnya WAP (WIRELESS ACCESS POINT) adalah suatu alat yang berfungsi untuk menghubungkan leptop atau komputer dalam satu ruangan atau satu rumah  tanpa menggunakan kabel dengan kata lain wap ini ini switch tapi tanpa menggunakan kabel.

WAN (WIDE AREA NETWORK)

WAN adalah Jaringan komputer yang menghubungkan antara LAN di suatu tempat dengan LAN di tempat lainnya yang jaraknya relatif jauh, yang umumnya biasanya kantor dengan kantor yang lain.

Alat-alat atau komponen-komponen yang berperan di WAN adalah ROUTER. ROUTER adalah suatu alat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer atau beberapa komputer kita di rumah ke kantor lain atau dari divisi satu ke divisi yang lain, contohnya dari rumah kita ingin menghubungkan ke fastnet  jadi kita membutuhkan alat router ini.

Jadi LAN sekalanya kecil atau terbatas, WAN sekalanya besar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: